Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:24
PEMILU 2014

PBB Minta KPU Bersumpah Selenggarakan Pemilu Jujur & Benar

Print
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), MS Kaban (Dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Partai Bulan Bintang meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bersumpah agar menyelenggarakan Pemilu dengan jujur dan adil. Mengingat, kinerja KPU pada Pemilu sebelumnya dinilai bermasalah dengan adanya pencurian suara.

"Selama ini kan parpol yang diminta bikin pakta intergitas, bikin kesepakatan, tapi sekarang kan belum pernah terjadi KPU bersumpah di depan parpol mereka menyelenggarakan pemilu dengan jujur," kata Ketua Umum PBB MS Kaban di Gedung KPU Pusat, Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Kaban mengatakan, KPU sebagai penyelenggara Pemilu, diharapkan dapat mengatasi permasalah yang terjadi di lapangan, seperti misalnya masalah pencurian suara yang terjadi pada pemilu 2009 yang lalu.

"Nah siapa yang menjamin suara kita di TPS itu akan sampai ke KPU, dan  itu tidak terjadi distorsi? Tidak terjadi kecurangan-kecurangan? Itu yang harus diatasi oleh KPU," ujarnya.

Maka dari itu, dirinya mempertanyakan, apakah keburukan penyelenggara Pemilu yang lalu bisa dihilangkan pada 2014 yang akan datang. "Kalau itu bisa dihilangkan, ya kita optimis. Kalau tidak ya, bagaimana di pelosok-pelosok misalnya di Pulau Anambas itu kan dari TPS ke ibu kota makan waktu seminggu naik sampan. Itu satu contoh," ujarnya.

Namun demikian, Kaban menyangsikan apakah KPU dapat menyelenggarakan pemilu yang lebih baik pada 2014 mendatang.

"Saya pikir belum. Karena yang dibikin oleh KPU sekarang ini masih banyak hal-hal yang sifatnya dokumen-dokumen yang berlebihan juga. Misalnya saya tes urinie di RS Polisi, keluar datanya, kalau langsung dimaskukan ke sini (KPU) gak diterima, harus ada legalisasi, kan legalisasi dia-dia juga. Lucu gitu," tutupnya. [Wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist