Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 2 Agustus 2014 13:30
PEMILU 2014

KPU: Tidak Ada Kisruh e-KTP dengan Data Pemilih

Print
Hadar Navis Gumay (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komisi Pemilihan Umum menegaskan permasalahan yang dihadapi oleh Kementerin Dalam Negeri (Kemendagri) dalam proses perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) maupun lainnya, tidak ada hubungannya dengan proses pendataan data pemilih pemilu 2014 yang sedang dilakukan KPU.

"Tidak ada kisruh e-KTP dengan data pemilih. Mohon  jangan dicampur adukkan," kata Anggota KPU, Hadar Navis Gumay di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Hadar menegaskan, yang menjadi data acuan KPU dalam pemutakhiran data pemilih pemilu 2014, yakni menggunakan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan Kemendagri pada awal tahun ini. Dimana, kata dia, DP4 tersebut nantinya akan digabungkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2009.

"Kalau kita bicara data pemilih, kita berbicara DP4 yang diserahkan pemerintah. Didalamnya memang pemilih yang memiliki e-KTP, tapi ada juga yang belum lalu kita kombinasiikan dengan data yang ada di KPU," ucap dia.

Lalu kemudian, lanjut dia, setelah DP4 disinkronkan dengan DPT pemilu sebelumnya, data tersebut kembali di uji kembali  di tingkat kabupaten/kota oleh petugas pemutakhiran data pemilih. "Lalu nanti setelah dicek dinaikan lagi lalu kami susun daftar pemilih sementara dan kita umumkan pada 10 Juli 2013," ungkapnya.

Maka dari itu dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk memeriksakan namanya sudah terdaftar atau tidak sebagai pemilih pemilu 2014. "Sekarang masyarakat mari membuka diri. Jika ada yang salah atau belum silahkan diinformasikan," cetusnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPR Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto mengatakan seharusnya KPU menggunakan data perekaman e-KTP sebagai data acuan utama untuk pemuktahiran DPT pemilu 2014. Pasalnya, data e-KTP keakuratannya sudah teruji mampu mengatasi KTP ganda yang dapat diterapkan juga dalam mengatasi kisruh DPT.

"Harus bisa kartu e-KTP datanya pasti valid untuk DPT, tidak double data," kata Yandri. [Wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

Klik disini untuk berkomentar menggunakan account anda
Login Twitter Seruu.com    Login Facebook Seruu.com

Galeri Video

Galeri Foto

PRODUK TERBARU IKLAN BARIS

Tissot T-sport Chronograph
 DescriptionBrand Name: TissotModel number: T067.417.21.051.00Part Number: T067.417.21.051.00Item Shape: roundDisplay Type: analogClasp..