Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 02:18
SERBA SERBI PEMILU

Nih Syarat Jokowi Jadi Capres 2014 Versi Pengamat

Print
Joko Widodo (Jokowi) - Foto : dok.seruu.com

Jakarta, Seruu.com - Nama Joko Widodo atau Jokowi belakangan santer disebut sebagai kandidat presiden yang paling potensial. Namun, ada beberapa syarat agar Jokowi bisa sukses menjadi orang nomor satu di Indonesia, terutama kaitannya dengan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta.


"Kuncinya kesuksesan dia mengubah wajah birokrasi DKI, kalau sukses dia tentu akan menjadi pilihan banyak orang,"ujar Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, Minggu(19/5/2013).

Selain itu syarat yang lain kata Gun Gun, mantan Wali Kota Surakarta tersebut harus bisa membenahi di level makro pemerintahan Jakarta. Seperti misalnya, mengubah wajah birokrasi yang elitis menjadi populis dan transformasional serta melibatkan warga. "Dan saya kira untuk level ini Jokowi sudah on the right track,"ujar Gun Gun.

Tidak ketinggalan pula, Jokowi disarankan harus membentuk transparansi dan penempatan birokrat-birokrat yang tepat sesuai dengan perubahan pola pemerintahan yang melayani bukan dilayani.

Sementara untuk level mikro lanjut Gun Gun indikator-indikator kinerja leading sector. Misalnya kinerja seluruh kedinasan dan SOTK di lingkungan pemprov DKI. Itu bisa diberi KPI(Keys Performance Index).  "Dan maju mundurnya kinerja Jokowi bisa dipantau oleh publik,"katanya. [ms]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist