Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:24
PEMILU 2014

Aktivis 98 Mampu Ciptakan Perubahan

Print
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Pemilu 2014 mendatang tak hanya diramaikan oleh calon legislatif (Caleg) dari kalangan selebritis, namun juga dari kalangan aktivis 1998. Para aktivis era reformasi itu, memilih meneruskan perjuangan dengan cara masuk langsung ke dalam parlemen.
 

"Para aktivis belum bisa membenahi struktur secara cepat apabila belum masuk dalam anggota parlemen. Aktivis hanya mengandalkan sumber masyarakat yang kuat dan yang dituangkan adalah ideal-ideal yang kita tularkan, karena kalau membenahi struktur partai transit kita kira kendala untuk realitas politik di lapangan," jelas calon legislator dari Partai Demokrat Sulaiman Haika dalam diskusi di Utan Kayu Raya No 68, Jakarta Timur, Minggu (19/5/2013).

Haikal mengatakan, aktivis 98  telah berjuang untuk negara Indonesia yakni nilai demokrasi otonomi daerah, pengawasan pemerintah yang transparan dan sebagainya. Untuk itu, Haikal menyatakan bahwa perjuangan para aktivis dahulu telah berhasil menjadikan reformasi.

"Apakah reformasi berhasil saya jawab iya, karena saya merasakan. Sebab waktu kita kumpul disini (Kedai Tempo) dibubarkan oleh aparat kepolisian dan tentara, di depan disorot lampu tembak. Namun sekarang sudah kita rasakan semua reformasi," jelasnya.

Memang, kata Haikal, masih banyak kekurangan-kekurangan namun hal itu tidak mengurangi aspek demokrasi sendiri.

"Misalnya saja, di Indonesia caleg-caleg yang bisa menempati urutan teratas, mobilisasi besar itu caleg yang memiliki harta berlimpah, itu demokrasi tapi tidak mengurangi substansi demokrasi sendiri," pungkasnya. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist