Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 02:13
SERBA SERBI PEMILU

Jelang Pemilu, Depok Dipenuhi Gambar Bacaleg Golkar

Print

Depok, Seruu.com - Pemilu 2014 yang semakin dekat mau tak mau membuat para calon legislatif (caleg) melakukan ancang-ancang untuk mempromosikan diri menarik simpati konstituen. Meskipun waktu pencoblosan masih lama, bahkan Daftar Calon Legislatif Tetap  (DCT) belum disusun, banyak baliho para caleg yang menghiasi pinggir-pinggir jalan.

Sepanjang jalan Pitara, Pancoranmas dan Bulak Kapal, Citayam telah berjejer baliho para caleg Golkar. Sepertinya partai ini tak mau kehilangan momen kalau tak boleh dikatakan mencuri start. Baliho bergambar H Naming Bothin misalnya terpampang dalam ukuran 1,5 M x 3 M di dekat pertigaan Jembatan Serong.

Memang yang membedakan keterpilihan seseorang caleg dari publik figur dan bukan di mata konstituen adalah keterkenalannya. Tanpa memasang banyak foto, caleg dari publik figur akan terus terkenang di ingatan pemilih. Hingga tak aneh jika dalam sistem pemilihan anggota legislatif berbasis suara terbanyak, para artis dan pejabat publik lebih mudah mendapat suara dibandingkan caleg dari kalangan lain. Wajah yang sering terpampang di media massa cetak, elektronik, dan online menjadi modal besar meraup suara.

Untuk mengejar ketertinggalan dari publik figur  lawan, sosialisasi massif gambar wajah caleg berikut nama caleg dan nomor urutnya serta nomor urut partai dan logonya akan selalu diingat konstituen di daerah pemilihan. Namun satu hal penting yang kadang dilupakan caleg dalam mensosialisasikan gambarnya adalah adanya perbedaan antara foto di surat suara  dengan yang ada di spanduk, baliho, kalender, atau alat peraga kampanye lainnya.

Pemilih sepertinya tak mau repot menghafal wajah caleg, namanya, atau asal parpolnya. Mereka cenderung memilih caleg yang paling diingatnya. Jadi jangan membingungkan calon pemilih dengan foto yang berbeda-beda jika caleg ingin dipilih oleh konstituen di daerah pemilihannya. [ndis]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist