Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 02:13
PEMILU 2014

Ray Rangkuti: Aktivis 98 Tak Pengaruh Naikkan Elektabilitas Cale

Print
Ray Rangkuti (Dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti mengatakan, gelar mantan aktivis 98 tidak memberikan pengaruh terhadap kenaikan elektabilitas caleg. Dari 300 orang aktivis 98 hanya kurang dari 10 persen yang bisa duduk di Senayan pada pemilu 2004. “Jadi sulit jika menggunakan gelar aktivis  98 untuk menaikkan elektabilitas,” katanya di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat, (17/5/2013).

Lanjut Ray, banyak orang yang menganggap Reformasi 98 itu merupakan reformasi yang gagal. Sebab kasus korupsi bukan semakin turun namun semakin merajalela.

“Makanya menggunakan gelar aktivis untuk mencari suara pada saat kampanye sudah tidak efektif,”ujarnya.

Makanya, kata Ray, para aktivis 98 harus menggunakan kemampuannya dalam  melakukan mobilisasi dan meyakinkan publik untuk menggunakannya saat kampanye. Skill melakukan mobilisasi sangat penting untuk meraih suara.

Mantan aktivis, terang Ray, sebenarnya mempunyai nilai plus di era politik yang makin profesional. Para aktivis itu memiliki kemampuan artikulasi dan lobi. “Itu yang dibutuhkan saat duduk di DPR, sebab di dalam DPR dibutuhkan kemampuan mengadu ide tau gagasan saat rapat,” terangnya.

Ia juga berpesan agar para aktivis dalam pencalegan tidak main duit. Mereka harus memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya untuk meyakinkan massa bahwa mereka bisa mewakili rakyat. [Simon]
 

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist