Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 02:12
PEMILU 2014

Jokowi Capres Paling Populer

Print
Joko Widodo atau Jokowi (Dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Hasil survei terbaru yang dirilis oleh Media Survei Nasional (Median), terkait calon presiden 2014 menempatkan nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai capres dengan tingkat popularitas tertinggi, mencapai angka 92 persen. Pria yang akrab disapa Jokowi itu berhasil menggeser popularitas nama-nama capres yang selama ini banyak diperbincangkan.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun mengatakan berdasarkan hasil survei, popularitas Jokowi masih di atas Jusuf Kalla yang menempati peringkat kedua dengan popularitas sebesar 91,8 persen, Megawati, 91,3 persen, Aburizal Bakrie 82,6 persen, dan Prabowo 78,7 persen.

Rico menjelaskan, munculnya nama Jokowi merupakan fenomena baru yang harus diperhitungkan oleh siapa pun yang ingin maju di Pilpres 2014. "Dari 30 nama yang diajukan kepada responden di salam survei, faktanya mayoritas responden lebih mengenal sosok Jokowi. Ini fenomenal, mengingat dari segi ketokohan, Jokowi yang merupakan tokoh lokal masih kalah dari tokoh-tokog nasional seperti Megawati, Jusuf Kalla, Prabowo, dan Aburizal Bakrie. Tetapi dari sisi popularitas dia tertinggi," kata Rico di Bumbu Desa Cikini, Jakarta, Jumat (17/5/2013) ketika memaparkan hasil surveinya.

Mantan Wali Kota Solo itu, kata Rico, harus diakui telah merebut perhatian mayoritas pemilih. "Dari sisi popularitas Jokowi terlihat kuat di Masyarakat sejak dia duduk di kursi Gubernur DKI. Apalagi dengan pemberitaan media yang sangat massif selama ini," ujarnya.

Selain itu menurut dia, gaya Jokowi yang merakyat sangat cocok dengan harapan masyarakat kebanyakan terhadap sifat capres. Berdasarkan survei terlihat bahwa sifat merakyat dianggap paling penting oleh pemilih, yaitu sebesar 82,7 persen, diikuti sifat jujur sebesar 27,5 persen, sifat tegas 43,6 persen, dan pandai 42,5 persen.

Adapun survei yang dilakukan Median ini dilakukan pada 28 April-6 Mei 2013 lalu, dengan 1.600 responden berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin error sebesar 2,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. [Wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist