Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 02:16
PEMILU 2014

Hasil Survei, Golkar Masih Kuat

Print
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Berdasarkan hasil survei Media Survei Nasional (Median), Partai Golkar masih tetap menempati posisi teratas, terkait tingkat elektabilitas partai politik pada Pemilu 2014 mendatang.

"Partai Golkar mempunyai elektabilitas tertinggi yaitu 17,1 persen," kata Direktur Eksekutif Media, Rico Marbun di Bumbu Desa Cikini, Jakarta, Jumat (17/5/2013) ketika memaparkan hasil surveinya.

Sementara itu, di peringkat kedua diduduki oleh PDI-Perjuangan dengan tingkat elektabilitas 16,7 persen, lalu PKS menduduki peringkat ketiga dengan elektabilitas 7,2 persen, kemudian Demokrat 7,2 persen, Gerindra 6,5 persen, PKB 5,6 persen, diikuti oleh PPP 5,2 persen, Nasdem 3,7 persen, PAN 3,5 persen, Hanura 1,3 persen, dan PKPI 0,1 persen.

"Terdapat persaingan sengit antara PKS, Demokrat, dan Gerindra dalam memperebutkaan peringkat ketiga," ungkap Rico.

Berdasarkan hasil survei, terlihat terjadinya fenomena menarik, yakni meningkatnya jumlah partai menengah di Indonesia. Rico mengatakan dengan mengasumsikan partai menengah, adalah mereka yang memperoleh tingkat elektabilitas 5-10 persen. Maka, jumlah partai menengah menjadi lima partai, yaitu PKS, Demokrat, Gerindra, PKB, dan PPP.

"Sedangkan partai besar hanya menyisakan dua partai saja, yaitu Golkar dan PDI-Perjuangan yang berhasil memperoleh suara di atas 10 persen," jelasnya.

Survei yang bertema 'Elektabilitas Parpol dan Migrasi Pemilih Jelang Pemilu 2014' ini, dilakukan pada 28 April-6 Mei 2013 lalu, dengan 1.600 responden berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin error sebesar 2,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. [Wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist