Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 02:21
PEMILU 2014

Budiman: Pemilu 2014 Ajang Perebutan Pemilih Muda

Print
Anggota Komisi II DPR Fraksi PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Politisi PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko mengatakan perhelatan Pemilu 2014 mendatang akan didominasi oleh pemilih pemuda yang rentang usianya dari 17 hingga 40 tahun. Menurut Budiman, sudah sepatutnya bagi partai politik peserta pemilu bekerja optimal untuk meraup suara dari kalangan pemuda tersebut.

"Maka sudah semestinya partai-partai politik melakukan upaya yang lebih maksimal untuk memperoleh dukungan dari kelompok pemuda ini," kata Budiman dalam rilis yang diterima Seruu.com, Kamis (16/05/2013)

Meski demikian, dia memberikan catatan bahwa ada situasi yang kurang menguntungkan bagi beberapa partai politik, ini dikarenakan adanya kasus korupsi yang menjerat kader partai tertentu. Tentunya, lanjut Budiman hal ini akan membentuk opini di masyarakat yang mengesankan bahwa semua politisi tidak bersih, meski setiap politisi yang terjerat dalam kasus korupsi adalah oknum.

"Meski itu tidak terjadi pada seluruh kader partai tetapi opini masyarakat sudah terlanjur terkonstruksi bahwa para politisi dan partai politik tidak ada yang bersih," ujarnya.

Disisi lain, kata Budiman, pemilih pemuda yang berusai 17-40 tahun itu bisa dikategorikan sebagai kelompok pemilih yang melek informasi. Sedikit banyaknya mereka pasti menerima atau akrab dengan dinamika politik ditingkat lokal maupun nasional.

"Ini menjadi tantangan yang menarik, terutama kepada calon anggota legislatif yang masih muda dan mampu melakukan kominikasi politik yang efektif terhadap pemilih, baik itu berbasis issue maupun pendekatan berbasis kelompok/komunitas," ungkap anggota Komisi II DPR RI ini.

Budiman menambahkan, pada Pemilu 2014 mendatang masyarakat Indonesia akan dapat mengukur kualitas demokrasi yang sudah terbangun sejak Reformasi bergulir 15 tahun silam.

"Apakah tingkat partisipasi pemilih kita akan semakin baik, apakah penyelenggaraan pemilu kita akan semakin bersih dengan ditandai minimnya kecurangan atau protes akibat kecurangan. Semua masih menjadi teka-teki, dan kerja maksimal kita semua yang akan menentukan jawabannya," tukasnya. [nurholis]
 

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist